PROGRAM KERJA OSIS
A. Penyusunan Program Kerja
1. Pengertian
Pengertian kerja adalah kumpulan dari berbagai kegiatan yang merupakan uraian danjabaran dari suatu rencana kerja.
2. Maksud
Dimaksudkan untuk mempermudah pelaksanaan dan pentahapan pelakasanaan kegiatan agar sesuatu yang direncanakan dapat diselesaikan. Program Kerja merupakan sejumlah kegiatan yang harus dilaksanakan dalam waktu tertentu guna mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Mempermudah pelaksanaan program kerja dikelompok-kelompokkan menurut jenis-jenis kegiatan yamg berdasarkan urutan prioritas kebutuhan dan keadaan.
B. Pelaksaan Program Kerja OSIS
Pelaksaan Program Kerja OSIS adalah agar program dapat dilaksanakan sebaik-baiknya maka perlu diperhatikan :
1. Melaksanakann program kerja sesuai dengan tempat pada waktu yang telah ditetukan.
2. Mempersiapkan sebaik-baiknya hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
3. Memperhitungkan tenggang waktu persiapan dengan pelaksanaan.
4. Menginformasikan secara luas kepada anggota tentang jenis kegiatan yang akan dilaksanakan.
5. Memperhitungkan kemampuan tenaga pelaksana.
6. Memperhitungkan dengan seksama dana yang tersedia.
7. Memahami seluk beluk kegiatan sebelum dilaksanakan.
8. Melaksanakan pekerjaan harus dilakukan bersama dan sesuai dengan bidang tugasnya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun program kerja OSIS:
1. Waktu yang tepat
a. Pedoman kerja jangka pendek, bulanan.
b. Pedomann kerja jangka panjang, tahunan.
Untuk OSIS ;
Saat awal sebelum memulai kegiatan setelah terbentuk pengurus OSIS.
2. Bahan Program Kerja
Program kerja perorangan yaitu mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota dan pelaksanaanya perlu didukung anggotanya. Tanpa dukungan program kerja sulit untuk dilaksanakan.
C. Langkah-Langkah yang Perlu Ditempuh
a. Kumpulkan keinginan dan kebutuhan yang diusulkan siswa secara langsung melalui wakil-wakil kelas.
b. Adakan rapat pengurus OSIS.
c. Sekertaris bidang penyusun rancangan program kerja jangka waktu 1 tahun ajaran.
d. Setiap sekertaris bidang menjelaskan rancangan program.
e. Peserta rapat menanggapi rancangan program untuk mencapai kesamaan.
f. Mengumpulkan, menampung keinginan siswa yang belum tertampung.
g. Apabila rancangan program dari sekertaris bidang sudah disetujui maka sudah merupakan program kerja yang menampung aspirasi dan kebutuhan anggota.
D. Sifat Program Kerja
1. Program kerja organisasi harus merupakan program kerja yang disepakati bersama seluruh anggota.
2. Program kerja harus dapat menampung aspirasi dan kebutuhan anggota.
3. Program kerja harus dapat diterima oleh semua pihak sehingga dalam pelaksanaannya akan memperoleh dukungan baik dari anggota maupun pembinanya.
4. Menjadikan program kerja sesuai keinginan anggota diperlukan keikutsertaan perwakilan kelas.
E. Faktor Pendukung
a. Tenaga yang terampil
b. Kesempatan yang tersedia
c. Dana yang tersedia
d. Bahan dan alat
F. Program Kerja OSIS
1. Ketua Umum
Program :
a. Memimpin orgnisasi dengan baik dan bijaksana.
b. Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan.
c. Menetapkan kebijaksanaan yang telah dioersiapkan dan direncanakan.
d. Memimpin rapat.
e. Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
f. Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
2. Wakil Ketua
Program :
a. Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan.
b. Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan.
c. Menggantikan ketua jika berhalangan.
d. Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya.
e. Bertanggungjawab kepada ketua.
f. Wakil ketua bersama wakil sekertaris mengkoorninasikan seksi-seksi.
3. Sekertaris
Program :
a. Memberikan masukan dan saran kepada ketua dalam mengambil keputusan.
b. Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat.
c. Menyiarkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan.
d. Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan.
e. Bersama ketua menandatangani setiap surat.
f. Bertanggungjawab atas tertib administrasi organisasi.
g. Bertindak sebagai notulis dalam rapat atau diserahkan kepada wakil sekertaris.
4. Wakil Sekertaris
Program :
a. Aktif membantu pelaksanaan tugas sekertaris.
b. Menggantikan sekertaris jika sekertaris berhalangan.
c. Wakil sekertaris membantu wakil ketua mengkoordinir seksi-seksi.
5. Bendahara dan Wakil Bendahara
Program :
a. Bertanggungjawab dan mengetahui pemasukan, pengeluaran uang atau biaya yang diperlukan.
b. Membuat tanda bukti setiap pemasukkan dan pengeluaran uang untuk pertanggungawaban.
c. Bertabggungjawab atas infentaris dan perbendaharaan.
d. Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.
6. Ketua Seksi
Program :
a. Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan seksi menjadi tanggungjawabnya.
b. Melaksanakan kegiatan seksi yang telah diprogramkan.
c. Memimpin rapat seksi.
d. Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan, berdasarkan musyawarah dan mufakat.
e. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan seksi kepada ketua melaluui koorninator.
G. Pokok-Pokok Kegiatan Seksi
1. Seksi Koordinasi I (Ketaqwaan Kepada Tuhan yang Maha Esa)
Koordinator : ………………………………
Program :
a. Mengaktifkan Tri Sndya bersama di kelas pada jam pertama sebelum pelajaran dimulai.
b. Memperingati hari-hari besar keagamaan.
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama.
d. Membina toleransi kehidupan antar umat beragama.
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan.
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
g. Membantu seluruh seksi agama dalam menjalankan tugasnya.
# SIE Agama Hindu
Koordinatior : ………………………………………
Program :
1. Mengadakan dan mempesiapkan persembahyangan bersama pada hari raya agama Hindu seperti Purnama, Siwalatri dan Saraswati.
2. Mengadakan malam Siwalatri di sekolah dengan mengadakan persembahyangan bersama pada malam hari.
3. Mengadakan tirta yatra ke pura-pura besar di dalam maupun di luar Bali.
4. Mengusahkan adanya pesantian di sekolah.
5. Mengadakan lomba-lomba seni budaya pada hari ulang tahun sekolah.
2. Seksi Koordinasi II (Budi Pekerti Luhur/Akhlak Mulia)
Koordinator : ……………………………………………………
Program :
a. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah.
b. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial).
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata karma pergaulan.
d. Menumbuh kembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
e. Menumbuhkembangkan sikap hormat berbagai warga sekolah.
f. Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian dan Kerindangan).
g. Memelihara kebun sekolah sebagai wujud cinta lingkungan.
3. Seksi Koordinasi III (Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara)
Koordinator : ……………………………………………
Program :
a. Melaksanakan upacara bendera pada hari Senin dan hari-hari besar Nasional.
b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
d. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bersejarah.
e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur kepeloporan dan semangat perjuangan para pahlawan.
f. Melaksanakan kegiatan belanegara.
g. Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambing-lambang Negara.
h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar Negara.
4. Seksi Koordinasi IV (Prestasi Akademik, Seni dan Olahraga)
Koordinator : ……………………………………………….
Program :
a. Mengadakan lomba mata pelajaran.
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah.
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar dan diskusi panel yang bermuata IPTEK.
d. Mengadakan study banding atau stuy wisata ke tempat-tempat sumber belajar.
e. Mendisain dan memproduki media pembelajaran.
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian.
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah.
h. Membentuk klub sains, seni dan olah raga.
i. Menyelenggarakan vestifal dan lomba seni.
j. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.
5. Seksi Koordinasi V (Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial)
Koordinator : ……………………………………………………………..
Program :
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing.
b. Melaksanakan pelatihan kepemimpinan siswa.
c. Melaksanakan kegiatan dengan perinsip kejujuran, transparan dan profesional.
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat.
e. Melakasanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato.
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan.
g. Melaksanakan penghijauan dan perindangan di lingkungan sekolah.
6. Seksi Koordoinasi VI (Krativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan)
Kooedinator : ………………………………………………………
Program :
a. Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam mendciptakan suatu barang menjadi lebih berguna.
b. Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan di dalam bidang barang dan jasa.
c. Meningkatkan usaha Koperasi siswa dan unit produksi.
d. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui setifikasi kopetensi siswa berkebutuhan khusus.
7. Seksi Koordinasi VII (Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi)
Koordinator : ……………………………………………….
Program :
a. Melaksanakan prilaku hidup bersih dan sehat.
b. Melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
c. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan zat-zat adiktif (Narkoba), minuman keras, merokok dan HIV-AIDS.
d. Meningkatkan kesehatan produki remaja.
e. Melakasanakan hidup sehat.
f. Melaksanakan pengamanan jajan anak di sekolah.
8. Seksi Koordinasi VIII (Sastra dan Budaya)
Koordinator : ………………………………………………………….
Program :
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra.
b. Menyelenggarakan festival atau lomba sastra dan budaya.
c. Meningkatkan daya cipta sastra.
d. Meningkatkan apresiasi budaya.
9. Seksi Koordinasi IX (Teknologi Informasi dan Komunikasi <TIK>)
Koordinator : ……………………………………………….
Program :
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
b. Menyediakan TIK sebagai wahana kreatifitas dan inofasi.
c. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas Kebangsaan.
d. Melaksanakan lomba-lomba TIK antar kelas.
10. Seksi Koordinasi X (Komunikasi Dalam Bahasa Inggris)
Koordinator : …………………………………………………
Program :
a. Melaksanakan lomba debat dan pidato bahasa Inggris.
b. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi menggunakan bahasa Inggris.
c. Melaksanakan Inggris day.
d. Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris.
e. Melaksanakan lomba puzzeis words/ scrabble.